Monday, October 2, 2017

Inilah Cara Mengatasi Baper Negatif

Bismillah

Rutinitas hidup kita adalah menjalankan apa yang telah ditakdirkan oleh-Nya. Sebagai hamba-Nya wajib kita berprasangka baik pada sang pencipta. Tapi yang namanya manusia tidak terlepas dari yang namanya hasad atau dengki yang bisa berdampak sedikit-sedikit “BAPER”: Bawa-Perasaan.

Hasad atau iri dengki adalah salah satu penyakit psikologis yang menyerang mayoritas manusia.  Tidak ada yang bisa bebas darinya kecuali segelintir orang saja. Oleh karena itu ada yang berkata tidak ada jiwa yang bebas dari hasad. Namun orang yang hina menampakkannya sedangkan orang mulia menyembunyikannya. Majmu Fatawa Ibnu Taimiyyah 10/124-125.

Dari penjelasan di atas jelas bahwa seseorang yang mulia atau seseorang  yang shalih tak terlihat bila ia hasad. Ini tentunya akan menyelamatkannya dari sikap BAPER yang berlebihan. Karena bawa-bawa perasaan ini tidak baik bila dibawa kepada hal yang negatif. Ada teman yang menikah duluan, lalu bawa perasaan ke diri sendiri. Kenapa dia bisa menikah duluan padahal dia saja belum ikut kajian. Demikian juga bila melihat teman yang hamil anak kesekian. Menangisnya bisa menjadi-jadi saat datang tamu bulanan. Tak luput juga kepada teman yang berprestasi, kaya dan dihormati di masyarakat. Kita yang BAPER dengan sikap hasad akan berpikir yang tidak baik, parahnya kadang kita bersuudzon kepada ALLAH. Astaghfirullah




BAPER ini belakangan memang makin sering terjadi dan malah jadi kebiasaan. Seseorang kadang menjadi sulit menyampaikan kritik kepada orang yang salah karena bisa langsung dicap, BAPER LHO. Padahal mungkin maksudanya baik, ingin kebaikan bagi saudaranya tapi karena sudah disanggah begitu seseorang jadi urung menyampaikan nasehatnya.
Tapi kalo BAPER-nya membawa dampak yang postif tentunya ini baik. Misalnya ada teman yang di usia yang masih muda sudah sukses sama kariernya. BAPER positifanya, kita jadi evaluasi diri, apakah kita kurang giat dalam beribadah atau berusaha. In syaa Allah dengan begitu kita terhindar dari sikap hasad yang dapat menghinakan diri kita sendiri. Allahu a’lam.

So berikut biar kita ga jadi BAPER negatif nih Guys :

1.       Pertebal keimanan
2.       Giatkan Ibadah
3.       Berprasangka baik kepada Allah
4.    Lakukan aktivitas yang positif agar kita teralihkan dari hal-hal yang bisa bikin hasad dan BAPER negatif

  

No comments:

Post a Comment