Friday, August 18, 2017

Merdeka Itu Tidak Ada Lagi Larangan Bercadar atau Berniqob



Ada begitu banyak masyarakat memaknai arti kemerdekaan dan itu tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Tapi menurut saya merdeka itu salah satu maknanya adalah tidak ada lagi larangan bercadar atau berniqob oleh siapa pun. Tidak ada diskriminasi oleh isntitusi apa pun. Bukankah telah dijamin oleh negara setiap warga negara Indonesia berhak menjalankan agama sesuai dengan keyakinannya masing-masing.

Kadang saya kembali berang mendengar masihhh... begitu banyak pihak-pihak yang melarang pemakaian cadar atau niqob ini. Teranyer di salah satu kampus di pamulang tapi saya bersyukur Menteri Agama bapak Lukman Hakim memberi nasehat dan tanggapan yang sangat membahagiakan saya.

Oleh karenanya, saya berpesan dan memberi saran kepada teman-teman yang mendapat larangan oleh pihak-pihak atau institusi tertentu agar apa yang keluar dari mulutnya jangan lupa direkam. Selanjutnya nanti diselesaikan lewat internal jika tidak selesai tinggal viral kan di media sosial.

Jangan khawatir karena merdeka yang hakiki adalah jika kita telah menyerahkan segala bentuk ibadah kepada Allah semata, jadi bebas dari ketergantungan, ketakutan dan keterikatan kepada Allah.

Seperti perkataan Syaikh Ibnu Ustaimin di Syarah Al-Aqidah Al Washithiyyah :
"Ubudiyah kepada Allah adalah kemerdekaan yang hakiki, orang yang tidak menyembah  kepada Allah semata, dia adalah hamba/budak bagi selain Allah." (Yang budak tentunya bukanlah seorang yang merdeka).   (Indonesia Bertauhid)

1 comment:

  1. tulisan yang bagus mba, sudut pandang kemerdekaan dari muslimah ^^

    ReplyDelete