Wednesday, August 30, 2017

Flash Blogging Jambi : Serunya Menulis Cepat Dalam Rangka 72 Tahun RI, Kerja Bersama

Pada hari Kamis 30 Agustus 2017  bertempat di Ruangan Talang Jaya Swiss-belhotel International Jambi, diselenggarkan event FLASH BLOGGING oleh KOMINFO. Acara yang menghadirkan 2 narasumber yang sangat berkompeten di bidangnya ini memberikan materi yang sangat menambah wawasan para Blogger Jambi. Pemaparan materi sendiri dipaparkan secara panel setelah sebelumnya acara dibuka secara resmi oleh Direktur Kemitraan Kominfo RI.


Mengingat nama acara adalah FLASH BLOGGING artinya akan ada tantangan menulis dalam waktu yang cukup singkat, maka para blogger begitu antusias mendengarkan materi yang disampaikan. 

Materi pertama disampaikan oleh mas Andya Dyiaksa dari beritagar.id dengan tema Teknik Kepenulisn Kreatif.

Ada beberapa hal penting yang saya tangkap selama pemaparannya, yakni kepenuliasn kreatif adalah tulisan yang memberi “rasajiwa” kepada pembacanya.

Adapun aspek penting dalam tulisan kreatif adalah :
1      Pengetahuan
2      Rasa badaniah atau indrawi
3      Perasaan (kognisi)

Berikutnnya bagaimana penulisan kreatif itu
1      Dimulai dengan ide, bisa apa saja
2      Subjek+prediket
3      Apapun jenisnya harus ada dasar jurnalisme (5W 1 H)

Hal penting lain yang menambah wawasan saya adalah berbagai Lead pada sebuah tulisan yakni bisa berupa deskripsi, pertanyaan, fiksi, kutipan langsung, kalimat penggoda, ringkasan dan bercerita.

Berikutnya materi disampaikan oleh Bapak Alois Wisnuhardana dari staf Kepresidenan RI. Beliau menyampaikan materi yang berjudul  Jurnalisme Media Baru. Adapun beberapa hal penting yang saya dapat dari pemaparan beliau adalah bahwa ada dua media yang ada saat ini ini yakni media mainstream seperi koran tv, majalah dan radio dan media sosial. Namun media sosial saat ini menjadi media mainstream itu sendiri.

Selain itu, beliau juga memaparkan 5 dari 9 Elemen Jurnalisme

1      Kebenaran
2      Verifikasi
3      Independen
4      Menerima Kritik
5      Konfrehensif dan Inspiring

Selesai pemaparan materi para peserta diminta menulis dalam waktu yang sangat singkat. Demikian cara Flash Blogging yang diselenggrakan di Jambi. Adapun kesimpulan dari 2 pemaparan materi di atas adalah saya merasakan acara ini KEREN HABIS DAH. Saya sangat berharap event yang begini bisa terus diselenggarkan di provinsi Jambi, mengingat Blogger Jambi sangat kurang sekali mengikuti event-event yang skalanya sebesar ini.

No comments:

Post a Comment