Data Terbaru (mencengangkan) Pengguna Internet Indonesia

photo : pexels.com

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah RGA Facebook terbesar di dunia. Jumlah pengguna aktif bulanan Facebook di Tanah Air mencapai kisaran 82 juta orang pada kuartal-IV 2015. “Jumlah itu tumbuh dari 77 juta pengguna yang tercatat setahun sebelumnya,” ujar Business Group Head Facebook Reynold D’Silva yang mengutip informasi dari data internal Facebook per Maret 2016.
Angka yang disebutkan D’Silva mendekati jumlah keseluruhan pengguna internet di Indonesia pada 2015, sebesar 88,1 juta atau 34,9 persen dari total 252,4 juta penduduk. Dengan kata lain, hampir semua pengguna internet Indonesia turut memakai Facebook. D’Silva mengungkapkan bahwa sebagian besar (94 persen) dari 82 juta pengguna Facebook Indonesia mengakses jejaring sosial tersebut dari perangkat mobile.
Indonesia adalah negara dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak keempat di dunia, setelah Amerika Serikat (194 juta), India (130) juta, dan Brasil (102 juta). Adapun urutan kelima ditempati Meksiko dengan 60 juta pengguna. Selain Facebook, menurut D’Silva, layanan photo sharing Instagram yang dimiliki Facebook juga mengalami pertumbuhan pesat di Indonesia, mencapai 100 persen dalam setahun terakhir. “Pengguna Instagram di Indonesia kini sudah 22 juta. Sekitar 90 persen di antaranya merupakan warga generasi millenial dengan rentang usia 18 hingga 34 tahun,” pungkasnya.
Sementara data terbaru yang masih saya kutip dari kompas.com , berdasarkan survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) mengungkap bahwa lebih dari setengah penduduk Indonesia kini telah terhubung ke internet. Survei yang dilakukan sepanjang 2016 itu menemukan bahwa 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung ke internet. Adapun total penduduk Indonesia sendiri sebanyak 256,2 juta orang. Hal ini mengindikasikan kenaikan 51,8 persen dibandingkan jumlah pengguna internet pada 2014 lalu. Survei yang dilakukan APJII pada 2014 hanya ada 88 juta pengguna internet.
“Penyebabnya adalah perkembangan infrastruktur dan mudahnya mendapatkan smartphone atau perangkat genggam," terang Ketua APJII Jamalul Izza saat ditemui KompasTekno di sela pengumuman Riset Pengguna Internet Indonesia 2016, di Jakarta, Senin (24/10/2016).
Data survei juga mengungkap bahwa rata-rata pengakses internet di Indonesia menggunakan perangkat genggam. Statistiknya sebagai berikut:
1.67,2 juta orang atau 50,7 persen mengakses melalui perangkat
genggam dan komputer.
2.63,1 juta orang atau 47,6 persen mengakses dari smartphone.
3.2,2 juta orang atau 1,7 persen mengakses hanya dari komputer.
Meski demikian, penetrasi internet tersebut mayoritas masih berada di Pulau Jawa. Dari survei yang dipresentasikan oleh APJII itu tercatat bahwa sekitar 86,3 juta orang atau 65 persen dari angka total pengguna internet tahun ini berada di Pulau Jawa.
Sedangkan sisanya adalah sebagai berikut:

1.20,7 juta atau 15,7 persen di Sumatera.
2.8,4 juta atau 6,3 persen di Sulawesi.
3.7,6 juta atau 5,8 persen di Kalimantan.
4.6,1 juta atau 4,7 persen di Bali dan NTB.
5.3,3 juta atau 2,5 persen di Maluku dan Papua.
Oleh karena itu, melihat data di atas saya semakin serius untuk terus menggarap komunitas yang berbasi digital di antaranya :

a. Blog atau Media Dakwah Muslimah (www.muslimahayu.net), karena lebih dari 60% penggunan internet mencari beragam informasi
b. Grup Whatsapp dan Channel Telegram Rumahku Surgaku (-+ 1 tahun berjalan) dengan member 150 orang
c. Komunitas Amal Dompet Muslimah, baca juga sedekah koin dompet muslimah
d. Grup WA Hapalan Juz 30

e. Grup Whatsapp Kajian Kitab Muslimahayu

Semoga kita senantiasa dihangatkan dengan Rahmat Allah dan keberkahan-Nya.
BarakallahU Fiikunna

Tridai Sepitri, Seorang nan fakir dan haus ilmu.
with my lovely Sista Rini Oktavia


Comments

Popular posts from this blog

Allah Mengabarkan di Hati Ummi akan Kepergianmu Nak

Sungai Sawang : Kolam Renang Khusus Wanita di Kota Jambi

5 Kiat Menjaga Organ Intim Wanita, yang Ke-5 Bisa Membuat Kamu Tercengang