Alasan Dilarangnya Memakan Bawang Merah dan Bawang Putih Mentah

Cantik salah satu dari bumbu masak yang sangat populer adalah bawang merah dan bawang putih, iya ga sih? Yaps, dua bumbu ini dapat menambah rasa enak pada masakan. Bahkan ada sebagian orang  tidak memakai penyedap rasa tapi cukup dengan memperbanyak jumlah bawang merah dan bawang putihnya saja.  Walaupun nantinya bisa menyebabkan bau badan bagi yang memakannya. 


Terkait memakan bawang merah dan bawang putih ini Rasulullah bersabda :
“ Barangsiapa memakan dari tumbuhan yang bau ini, maka janganlah ia mendekatai masjid kami, karena sesungguhnya para Malaikat merasa terganggu dengan sesuatu yang dapat menggganggu manusia. (HR. Muslim. No. 874)

Selain itu ada Atsar dari sahabat Umar bin Khatab :
“ Kemudian kalian, wahai manusia! Sesungguhnya kalian memakan dua tumbuhan yang keduanya aku anggap sebagaimana tumbuhan yang buruk, yakni bawang merah dan bawang putih. Sesungguhnya aku telah melihat Rasulullah shallallaahu’alaihi wa sallam apabila beliau menemukan bau keduanya dari seseorang di masjid, maka beliau memerintahkan agar orang itu diusir ke pekuburan Baqi’. Maka barangsiapa memakannya, hendaklah ia menghilangkan baunya dengan memasaknya. (Atsar sahabat Umar terdapat dalam shahiih Muslim no. 879)

Dari perkataan Umar tersebut jelaslah bahwasanya yang dilarang tersebut adalah memakan bawang merah dan bawang putih dalam keadaan masih mentah. Namun bila keduanya telah dimasak maka tiada larangan untuk memakannya. Namun meskipun demikian, tetap kita juga harus menjaga apakah masih meninggalkan bau saat dimakan setelah dimasak apa tidak. Oleh karena itu, berupayalah untuk segera menghilangkannya seperti dengan menggosok gigi, meminum minuman yang bisa menghilangkan bau badan atau dengan cara yang lain.

Tapi Cantik, selain bawang merah dan bawang putih, tumbuhan yang juga dapat menimbulkan bau adalah jengkol, petai, dan kabau. Dalam hal ini untuk memakannya cara yang dilakukan sama halnya saat kita memakan bawang merah dan bawang putih yakni dimasak terlebih dahulu ya. Meskipun ada nih sebagian yang memakannya dalam keadaan masih mentah sebagai lalapan. Bila setelah memakannnya segera berupaya untuk menghilangkannya. Karena tahu ga Cantik, meskipun tumbuh-tumbuhan tersebut bau walaupun setelah dimasak tapi mereka ini mempunyai cukup banyak manfaat atau khasiatnya bagi kesehatan kita lho. So...makanlah secukupunya, dimasak terlebih dahulu dan tetap jaga kebersihan pasca memakannya.  
  

Referensi : Etika Makan dan Minum Menurut al-Qur-an dan as-Sunnah, Abu Muhammad   Ibnu        Shalih bin Hasbullah

Comments

Popular posts from this blog

Sungai Sawang : Kolam Renang Khusus Wanita di Kota Jambi

Akhi Haruskah Diri Ini yang Melamarmu ?

Ternyata Inilah 10 Cara Move On Dari Someone