4 Tipe PMS (Premenstruasi Syndrome) dan Cara Mengatasinya


Sumber Photo : www.pexels.com

Muslimahayu - Cantik udah tahu kan ya sesungguhnya haidh adalah sesuatu yang telah ditentukan oleh Allah bagi seluruh kaum wanita, sebagaimana diriwayatkan dalam ash-Shahiihin, Rasulullah berkata kepada 'Aisyah :

"(Haidh) itu adalah sesuatu yang telah Allah tetapkan bagi kaum wanita.(HR. Bukhari no. 294, Muslim no. 1211)

Terjadinya haidh merupakan perpaduan antara alat genitalia dan rangsangan hormonal yang kompleks yang berasal dan mata rantai aksis hipotalamus-hipofisis-ovarium. Lanjut ya meski sedikit bingung dengan istilahnya. Nah Cantik, sebelum terjadinya haidh pernah dengar atau mengalami yang namanya PMS kan ya?

Yaps, PMS (premenstruasi syndrome) merupakan sekumpulan gejala berupa ganngguan fisik maupun mental yang dialami 7-10 hari menjelang haid atau menstruasi dan menghilang beberapa hari setelah haid. PMS juga dialami oleh para wanita menjelang masa menopause. Menurut penelitian di Amerika, 40% wanita usia produktif (25-35) mengalami PMS. Adapun penyebab PMS itu beragam Cantik berikut ini penyebabnya :

1. Faktor hormonal, penyebab PMS sendiri belum diketahui secari pasti Cantik namun    diduga karena perubahan hormonal yang terjadi sebelum menstruasi.
2. Faktor metabolisme tubuh, kemampuan tubuh mengolah zat gizi atau cadangan nutrisi    dalam tubuh menjadi energi atau kalori dan juga pola yang tidak sehat sangat berpengaruh terhadap PMS.
3. Faktor lingkungan, ternyata nih Cantik seorang gadis yang semasa hidupnya mengamati  ibu, tante atau kakak perempuannya mengalami PMS cenderung akan mengalami hal yang serupa.

Berikut ini seorang ahli kandungan dan kebidanan dari Fakultas kedokteran UCIA AS membagi PMS menjadi 4 tipe yakni :

1. Anxiety
    Gejalanya : sensitif, depresi ringan sampai berat dan cemas. Cara mengatasinya banyak mengkonsumsi makanan berserat dan mengurangi kopi.
2. Hyperhydration (Tipe H)
    Gejalanya : nyeri pada payudara, pembengkakan tangan dan kaki, peningkatan berat badan dan perut kembung. Cara mengatasinya dengan mengurangi gula dan garam serta membatasi minum.
3. Craving (Tipe C)
    Gejalanya : mudah lapar serta adanya keinginan mengkonsumsi coklat atau gula, lelah, jantung berdebar, pusing bahkan pingsan setelah mengkonsumsi makanan manis dalam jumlah banyak. Cara mengatasi diet rendah garam, membatasi makanan yang berkalori tinggi seperti coklat, gula dan es krim.
4. Depression (Tipe D)
   Gejalanya : ingin menangis, gangguan tidur, lemah, bingung dan pelupa. Cara mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 kacang-kacangan, beras merah, kedelai dan mangnesium (sayuran hijau segar dan buah-buahan).

    Itu dia Cantik gejala PMS dan cara mengatasinya, kira-kira antunna masuk tipe yang mana nih? Well...apapun tipe PMS antunna semoga artikel ini bermanfaat yah. Jangan lupa khusus buat kita-kita muslimah nih cara mengatasi gejala PMS tentunya denga nmemperbanyak mengingat ALLAH, muraja'ah hapalan al-Qur-an, dzikir, serta membaca buku agama dan mengikuti majelis ilmu.  
  

Referensi : Ensiklopedi Fiqih Wanita Jilid 1, Abu Malik Kamal bin as-Sayyid Salim
                  3 Fase Penting pada Wanita, Ratna Dewi Pudiastuti

Comments

Popular posts from this blog

Allah Mengabarkan di Hati Ummi akan Kepergianmu Nak

Sungai Sawang : Kolam Renang Khusus Wanita di Kota Jambi

5 Kiat Menjaga Organ Intim Wanita, yang Ke-5 Bisa Membuat Kamu Tercengang