Inilah 3 Tanda Kiamat Dalam Bidang Keilmuan

Bismillah         
   Sama-sama dapat kita rasakan bahwa dunia semakin tua dan sesuatu yang nyata pasti terjadi yakni Kiamat. Ragam bentuk ciri-cirinya telah pun nyata terlihat tak dipungkiri pula dalam bidang keilmuan. Berikut ciri-ciri Kiamat dalam bidang keilmuan yang penulis kutip dari kajian rutin di Masjid Ubay bin Ka’ab Jambi oleh Ust. Abu Salma, Lc.

Sumber photo : www.pexels.com 

     1.    Banyaknya tulisan yang tersebar luas
Ini terlihat dari banykanya buku-buku yang diterbitkan. Selain itu, tulisan pun banyak tersebar luas lewat dunia maya. Terkadang yang menjadi perhatian tulisan-tulisan tersebut ditulis asal-asalan tanpa rujukan yang jelas.

     2.    Menuntut ilmu kepada orang-orang kecil
Kecil yang dimaksud disini adalah kecil kapasitas keilmuannya. Menuntut ilmu kepada orang-orang hanya berdasarkan pintarnya ia berceramah, pandainya ia meneteskan air mata jama’ah dan berbicara terkadang hanya yang sesuai dengan akal pikirannya saja.

     3.    Dicabutnya Ilmu
      Dalam hal ini diwafatkannya para ulama. Walaupun ceramahnya telah direkam dan bukunya pun telah diterbitakn, tapi mengingat hukum asal menuntut ilmu adalah talaqqi ( face to face). Jadi dengan diwafatkannya para ulama kita tak dapat menuntut ilmu secara langsung lagi.  

Allahu'alam, bila pembaca memilki ciri-ciri yang lain silakan diposting di komen ya. Jazakillah khayran.

Comments

Popular posts from this blog

Sungai Sawang : Kolam Renang Khusus Wanita di Kota Jambi

Inilah Cara Mengatasi Baper Negatif

Ternyata Inilah 10 Cara Move On Dari Someone