5 Langkah Percaya Diri Menulis

Masih banyak ditemui teman-teman yang masih belum percaya diri untuk menulis dan malu tulisannya dibaca oleh orang banyak. Berikut ini saya akan membagi pengalaman agar percaya diri untuk menulis dan di-publish karena saya sendiri juga pernah mengalami pengalaman yang sama.

Sumber photo : www.pexels. com

    1.  Pengetahuan tentang EYD
    Mengetahui ejaan yang disempurnakan dengan benar tentu ini penting agar tulisan kita  semakin terlihat bagus. Walaupun untuk yang baru memulai menulis saya menyarankan jangan pusingkan diri tentang EYD cukup tulis saja apa yang terlintas di pikiran.
             2.    Banyaklah membaca
           Semakin banyak membaca tulisan kita nantinya akan semakin berbobot dan berisi.
             3.    Ikutilah lomba kepenulisan
           Hal ini bertujuan melatih kemahiran kita dalam menulis, karena syarat-syarat dalam sebuah lomba membuat kita semakin ingin meningkatkan kualitas tulisan.
           4.     Kirim tulisan ke media-media
           Hal ini saya lakukan untuk melihat layak atau tidak kah tulisan kita dibaca khalayak ramai. Awalnya saya mengirimkan opini-opini ke 2 media cetak atau koran yang cukup besar di Jambi alhamdulillah dimuat. Dari sini saya menilai tulisan tersebut layak untuk dbaca oleh masyarakat  tingkat provinsi. Selanjutnya saya mencoba mengirimkan ke salah satu media online nasional yang cukup terkenal yakni dakwatuna.com alhamdulillah 3 artikel yang pernah dikirim di-posting semua. Dari sini saya semakin yakin kalau tulisan saya layak untuk dibaca oleh masyarkat Indonesia. Bila pun gagal dan tidak dimuat kirim lagi.
          5.     Sabar
          Semua butuh proses. 

Comments

Popular posts from this blog

Sungai Sawang : Kolam Renang Khusus Wanita di Kota Jambi

Akhi Haruskah Diri Ini yang Melamarmu ?

Ternyata Inilah 10 Cara Move On Dari Someone