Khadijah binti Khuwailid #1

Bismillah

Sumber photo : www.pexels.com



Sebagai wanita impian kita tentu ingin menjadi wanita sholehah, dicintai dan disayangi oleh suami, anak-anak dan keluarga. Agar tak salah dalam mengambil keteladanan dan sosok inspirasi  wanita baiknya lah para Shahabiyah menjadi rujukan utama. Mengingat saat ini para musuh Islam sangat memahami bahwa wanita sholehah salah satu pilar terbentuknya kekuatan Islam. Dengan sholehahnya seorang istri maka anak-anak akan dididik dengan benar sesuai al-Qur-an dan as-Sunnah. Tak ingin ini terjadi mereka berupaya merusak jati diri seorang wanita muslimah.

Ironisnya dikarenakan oleh ketidaktahuan kita, maka kita tanpa sadar menganggap apa yang mereka lakukan itu baik di mata kita. Misalnya : lomba fashion show, lomba fhoto selfie, karaoke dan lain sebagainya.  Para pemenang dari beragam lomba tersebut kita sebutlah pintar, cerdas, cantik dan luar biasa. Para artis dan penyanyi tak luput pula dijadikan sebagai role model dan idola.

Oleh karena itu, dalam kesempatan ini akan disajikan kisah-kisah wanita luar biasa di masa Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa sallam secara berkelanjutan, dengan bersumber dari beberapa kitab terjemahan dari Timur Tengah. Sungguh banyak sekali keteladan hidup yang bisa kita ambil saat kita menyusuri lika-liku kehidupan mereka.

Kisah akan di awali dari ibunda kita Khadijah binti Khuwailid Radhiyallahu Anhu

Biografi

Dia adalah Ummul Mukminin dan perempuan paling mulia sepanjang masa. Julukannya Ummul Qasim, binti Khuwailid bin Asad bin Abul ‘Uzza bin Qushay bin Kilab Al-Qurasyiyyah Al-Asadiyah. Ibunda bagi putra-putri  Rasulullah. Khadijah adalah wanita pertama yang dinikahi oleh Rasulullah dan beliau tak menikahi wanita lain selama hidup bersama Khadijah. Sementara Khadijah telah menikah dengan Abu Halal bin Zirarah At-Tamimy, lalu menikah lagi dengan ‘Atiq bin ‘Abid bin Abdullah bin Umar bin makhzum. Beliau dilahirkan di Ummul Qura kira-kira 15 tahun sebelum Tahun Gajah.

Bersambung... 

Referensi : Sirah Shahabiyah, Syaikh Muhammad Hasan, Pustaka As-Sunnah

Comments

Popular posts from this blog

Sungai Sawang : Kolam Renang Khusus Wanita di Kota Jambi

Akhi Haruskah Diri Ini yang Melamarmu ?

Ternyata Inilah 10 Cara Move On Dari Someone