Anak Gadis Tak Pandai Memasak Bisa Jadi Karena Si Ibu yang Kurang Cerdas Memberinya Kesempatan

       `Terdapat beberapa keluhan dari orang tua tentang anak gadisnya yang tidak mengerti bagaimana mengurus rumah dan dapur. Saat pulang sekolah, kuliah atau kerja mereka langsung masuk kamar, yang katanya istirahat padahal ber-mobile media. Miris juga terkadang rasa empati mereka mulai terkikis oleh teknologi. Entahlah, dalam hal ini tak bijak jika kita menyalahkan berbagai pihak.

Sumber photo : www.pexels.com

         Sedikit ingin berbagi cerita. Dari kecil sejak usia 9 tahun saya sudah terbiasa untuk menyiapkan makanan bagi seluruh anggota keluarga. Saat itu kami tinggal di kampung yang cukup terpencil. Tidak ada listrik hingga fasilitas untuk memasak tidak sepraktis sekarang. Dahulu saya menggunakan kayu bakar. Ibunda selalu berpesan agar hati-hati khawatir nanti terbakar. Pulang sekolah saat itu sekitar pukul 12.00 wib untuk makan siang sudah disiapkan orang tua tapi jika untuk makan malam sering saya yang menyiapkan. Walau terkadang timbul rasa malas dan protes juga tapi tetap saja masakan selesai. Jika dipikir sekarang ibu dulu memang sidikit keras kalau soal membantu dia di dapur. Tapi efek dari semua itu saya rasakan sekarang. Walaupun tidak begitu pandai dalam memasak pengalaman itu cukup membuat saya selalu berusaha menyediakan waktu agar bisa mengurus dapur.


Keengganan ibu-ibu melibatkan anak-anak dalam urusan masak-memasak, terkadang karena urusan masak jadi lamban, sebab harus mengajari mereka step by step dan ini butuh waktu dan kesabaran. Bagi ibu-ibu yang diburu waktu tentu mereka memilih untuk tidak mengajak anak-anak. Oleh karena itu, carilah waktu yang cukup untuk memasak agar bisa melibatkan anak-anak. Akhir pekan misalnya. Lebih seru apabila bisa melibatkan seluruh anggota keluarga. Ini  pun berguna bagi anak laki-laki, agar ia bisa membantu pekerjaan istrinya kelak. Sebagimana yang Rasulullah kita contohkan, dimana beliau menjahit sendiri sepatunya yang rusak.

Baca juga : Wisata Halal Bahari


Yuk gabung dalam komunitas Rumahku Surgaku

Grup WA : 089695089782
Telegram channel : @RumahkuSurgaku
Like FP : Menjadi Muslimah Sholehah. Cantik, Anggun, Berkelas

Barakallahu fiikunna, Jazakunnallahu kahyran

Comments

Popular posts from this blog

Allah Mengabarkan di Hati Ummi akan Kepergianmu Nak

Sungai Sawang : Kolam Renang Khusus Wanita di Kota Jambi

5 Kiat Menjaga Organ Intim Wanita, yang Ke-5 Bisa Membuat Kamu Tercengang