12 Gaya Kesalahan Komunikasi

Tanpa sadar bahasa atau kalimat komunikasi yang kita gunakan sehari-hari berdampak tidak baik terhadap lawan bicara terutama anak kita. Berikut 12 gaya populer tersebut :


Sumber photo : www.pexels.com


1. Memerintah
    “ Pak besok aku ga mau sekolah“. “ Apa-apaan kamu, pokoknya kamu besok harus sekolah!”
2. Menyalahkan
    “Bu kakiku luka, tadi habis jatuh”. “Nah kan dari tadi ibu bilang jangan lari-lari, jatuh kan!”
3. Meremehkan
    “ Pak aku ga bisa mewarnai nih”. “ Masak mewarnai githu aja kamu ga bisa”.
4. Membandingkan
    “ Tuh lihat kakakmu dia bisa dapat nilai bagus”.
5. Mencap
    “ Pak aku capek jalan”. “ Kamu ini jadi anak cowok kok lemah banget”.
6. Mengancam
    “ Cepat pakai sepatunya, ntar Ibu tinggal lho, biar kamu pergi sendiri aja”.
7. Menasehati. Niatnya bagus tapi pesan yang diterima anak orang tuanya terlalu bawel, sok tahu.
    “ Bu tadi Ika ngetawain aku”. “ Makanya kamu jangan suka ngetawain orang, kalau dibalas baru tahu      rasanya kan”.
8. Membohongi
    “ Bapak kenapa bulannya hanya terlihat setengah”. “ Setengahnya lagi dimakan raksasa”.
9. Menghibur tapi anak tidak suka dihibur karena kemarahan anak hanya sebentar.
    “Pak suri suka jahilin aku”. “ Ya udah temanan dengan yang lain saja”.
10. Mengkritik
    “ Udah selesai Pak”. “ Masak begini dibilang selesai, coba lihat tuh masih banyak yang belum diwarnai”.
11. Menyindir
    “ Aku ga mau minum vitamin!” “ Oooo….kakak suka ya kalau sakit?”
12. Menganalisa. Orang tua mencoba menganalisa tapi pesan yang diterima anak orangtuanya sok  pintar
“Pak aku ga mau belajar sepeda lagi”. “ Itu karena cara belajarmu salah, kamu terlalu kaku, padangan mu selalu ke bawah”.

Sumber : Bahan Ajar Komunikasi dalam Pengasuhan
                 Kemendikbud

Comments

Popular posts from this blog

Allah Mengabarkan di Hati Ummi akan Kepergianmu Nak

Sungai Sawang : Kolam Renang Khusus Wanita di Kota Jambi

5 Kiat Menjaga Organ Intim Wanita, yang Ke-5 Bisa Membuat Kamu Tercengang